Tips Sehat Ibu Hamil untuk Menjaga Kehamilan

Setiap wanita pasti mendambakan kehamilan kelak pada saatnya. Sesaat ketika tahu anda hamil pasti anda merasa menjadi orang yang paling bahagia sedunia. Tapi jangan biarkan diri anda terbuai oleh kebahagian tersebut karena menjadi ibu hamil tentu tidak semudah yang dibayangkan. Berikut tips sehat ibu hamil yang dapat anda terapkan sebagai cara menjaga kehamilan.

tips sehat ibu hamil


Makanan sehat untuk ibu hamil


Ketika tahu bahwa anda hamil hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari tahu makanan sehat untuk ibu hamil. Pola makan seseorang lebih cenderung tidak sehat, maka dari itu merubah pola makan dibutuhkan untuk menjaga kehamilan. Beri perhatian lebih terhadap nutrisi dan gizi makanan yang anda konsumsi karena sangat bermanfaat untuk perkembangan anak anda.

Hindarilah junk food dan berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol dan bersoda untuk kesehatan kehamilan anda. Berikut informasi makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat berguna dalam menjalani masa kehamilan anda.

Brokoli

Kandungan kalsium dan asam folat yang ada dalam brokoli dapat menjadi sumber nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Selain itu brokoli juga dapat melancarkan pencernaan dan membantu penyerapan zat besi yang berguna untuk perkembangan kehamilan.

Pisang

Untuk menjaga stamina agar tidak cepat lelah anda bisa mengkonsumsi pisang. Kandungan kalium yang ada dalam buah pisang sangat berkhasiat untuk menambah energi. Jangan buang kulitnya sebelum anda membaca manfaat kulit buah pisang untuk kesehatan.

Telur

Telur dapat mencukupi kebutuhan protein tubuh sebagai pengganti daging. Selain itu kandungan nutrisi yang ada dalam telur dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Sayuran hijau

Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dengan mengkonsumsi sayuran hijau. Kebanyakan sayuran hijau mengandung asam folat dan zat besi yang berguna untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat.

Daging tanpa lemak

Daging adalah sumber zat besi yang baik untuk masa kehamilan. Pilihlah daging tanpa lemak untuk menghindari kegemukan sesudah atau saat masa kehamilan

Susu tanpa lemak

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang tinggi pada masa kehamilan anda dapat mengkonsumsi susu tanpa lemak. Susu sangat bagus untuk gizi ibu hamil dan banyak disarankan dalam tips sehat ibu hamil yang anda baca dan dengar.

tips sehat ibu hamil


Cara menjaga kehamilan


Selain mengkonsumsi makanan yang sehat masih banyak hal-hal yang perlu anda lakukan. Berikut tips sehat ibu hamil dalam menjaga kehamilannya

Olahraga

Rajin berolahraga sangat baik untuk metabolisme, tubuh menjadi lebih segar dan tidak gampang terkena penyakit. Saat hamil olahraga bermanfaat untuk perkembangan kehamilan yang sehat.

Konsultasi dokter

Lakukan pemeriksaan atau konsultasi kedokter selama masa kehamilan untuk menjaga kandungan anda agar tetap sehat selalu. Mintalah resep multi vitamin apabila tubuh anda lemah dan mudah sakit

Hindari rokok

Berhentilah merokok untuk kesehatan kandungan anda. Hindari tempat-tempat yang terdapat asap rokok.

Istirahat dan minum air putih

Perbanyaklah istirahat atau tidur agar tubuh anda memiliki banyak energi untuk kegiatan sehari-hari. Minumlah air putih setidaknya 8 gelas sehari untuk menghindari dehidrasi.

Terus monitor kesehatan kandungan anda selama masa kehamilan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Segera konsultasi kedokter apabila anda merasa kurang sehat atau merasa ada yang aneh pada kandungan dan tubuh anda. Demikianlah tips sehat ibu hamil dari kami semoga berguna bagi anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Sehat Ibu Hamil untuk Menjaga Kehamilan"

Post a Comment