11 Manfaat Kunyit untuk Kulit yang Harus Kamu Ketahui

Tahukah kamu manfaat kunyit untuk kulit kita? Kunyit adalah tanaman dari keluarga jahe-jahean yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya sebagai bumbu masak. Kunyit sendiri adalah tanaman asli asia tenggara yang kemudian tersebar keseluruh dunia. Selain sebagai bumbu masak kunyit juga bermanfaat sebagai bahan pokok pembuatan obat-obatan dan ramuan kecantikan. Cara penggunaan kunyit untuk pengobatan dan kecantikan bermacam-macam ada yang dengan langsung diminum atau dijadikan masker dengan campuran bahan-bahan lain. Berikut adalah manfaat kunyit untuk kulit yang perlu anda tahu. (Baca: Manfaat kulit buah naga)

manfaat kunyit untuk kulit


1. Manfaat kunyit untuk kulit berminyak


Bagi anda yang memiliki kulit berminyak dapat memanfaatkan kunyit untuk perawatan kulit anda. Senyawa yang ada pada kunyit mempunyai kemampuan untuk mengatur produksi minyak pada kulit. Buatlah masker dengan mencampurkan bubuk cendana, kunyit dan jus jeruk, oleskan secara merata pada wajah, diamkan selama 10 menit kemudian bilas hingga bersih.

2. Kunyit untuk mengobati keriput


Kunyit bermanfaat untuk mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada kulit. Campurkan bubuk kunyit dengan tepung beras, susu mentah dan jus tomat. Oleskan pada bagian wajah yang keriput, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih. Selain menghilangkan keriput kunyit juga dapat mencerahkan kulit anda. (Baca: Manfaat lidah buaya untuk kulit)

manfaat kunyit untuk kulit kusam


3. Manfaat kunyit untuk mengobati jerawat


Sifat antiseptik dan antibakteri yang dikandung oleh kunyit dapat bermanfaat untuk mengobati jerawat. Selain mengobati jerawat, manfaat kunyit untuk kulit juga bisa untuk mengurangi peradangan dan sekresi minyak oleh kelenjar sebaceous. Untuk membuat masker wajah kunyit, campurkan bubuk kunyit dengan bubuk cendana. Tambahkan jus lemon. Oleskan pada wajah secara merata lalu diamkan selama 10 menit kemudian bilas hingga bersih.

4. Manfaat kunyit untuk kulit kering


Buatlah masker dengan mencampurkan bubuk kunyit, putih telur, 2 tetes minyak zaitun, air mawar dan jus lemon. Oleskan masker pada bagian kulit kering seperti siku, lutut, leher dan wajah. Biarkan hingga kering lalu bilas sampai bersih dengan air hangat. (Baca: Manfaat kulit buah manggis)

manfaat kunyit untuk kulit berminyak


5. Manfaat kunyit untuk mengurangi tanda-tanda penuaan


Kunyit merupakan agen pengelupasan yang sangat baik, oleh karena itu kunyit dapat membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan. Campurkan bubuk kunyit dan bubuk kacang arab dengan air hingga merata. Anda juga bisa menambahkannya dengan susu mentah atau yogurt. Oleskan secara merata pada tubuh anda, biarkan hingga kering lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

6. Manfaat kunyit untuk mengurangi pigmentasi dan tanning kulit


Anda dapat menghilangkan tan kulit dan pigmentasi dengan memanfaatkan kunyit. Campur bubuk kunyit dengan jus lemon atau jus mentimun, oleskan pada bagian yang diinginkan, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air biasa. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

7. Manfaat kunyit untuk mengobati stretch marks (garis putih pada kulit)


Kunyit bermanfaat untuk mengobati stretch marks (garis putih pada kulit). Oleskan campuran bubuk kunyit dengan tepung kacang arab dan air pada kulit yang terdapat stretch marks, diamkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat.

manfaat kunyit untuk kulit jerawat


8. Kunyit untuk mengobati kaki pecah-pecah


Kunyit sangat baik untuk menanggulangi tumit retak-retak atau pecah-pecah. Buatlah masker dengan mencampurkan 3 sendok bubuk kunyit dengan beberapa tetes air kelapa atau minyak jarak. Oleskan pada tumit, diamkan selama 10 - 15 menit lalu bilas hingga bersih. (Baca: Manfaat kulit manggis)

9. Manfaat kunyit untuk menghilangkan sel kulit mati


Campurkan tepung kunyit dan tepung besan dengan air, oleskan pada tubuh anda. Scrub lembut sambil mandi. Lakukan secara teratur untuk menghilangkan sel kulit mati agar kulit tampak cerah dan bersih.

10. Manfaat kunyit untuk krim wajah malam


Buatlah masker dengan campuran bubuk kunyit, susu atau yogurt, oleskan pada wajah anda, diamkan semalaman kemudian bilas keesokan pagi hingga bersih. Lakukan dua kali seminggu agar kulit wajah menjadi sehat dan tampak lebih muda.

11. Manfaat kunyit untuk menghilangkan rambut pada wajah


Kunyit dapat bermanfaat untuk menghilangkan rambut-rambut halus pada wajah. Buatlah scrub wajah dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan tepung kacang, oleskan secara merata pada wajah. Lakukan secara rutin hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Setelah mengetahui beberapa manfaat kunyit untuk kulit anda kini tiba untuk menerapkannya. Semoga bermanfaat untuk anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Manfaat Kunyit untuk Kulit yang Harus Kamu Ketahui"

Post a Comment