Berkah hari jum’at menurut Islam

Hai Bro & Sis! Lo semua pasti tau kan kalo setiap hari jum’at umat islam, terutama kaum pria, diwajibkan melaksanakan sholat jum’at. Tapi, apakah lo semua tau apa keistimewaan hari jum’at dibandingkan hari-hari lainnya? Oke, berikut keutamaan hari jum’at menurut Islam yang telah kami rangkum dari berbagai sumber untuk lo semua.



Hari jum’at adalah sebaik-baiknya hari

Hari jum’at adalah hari dimana nabi Adam diciptakan, nabi Adam dimasukan ke surga dan hari dimana nabi Adam dikeluarkan dari surga. Dan perlu Bro & Sis ketahui, hari jum’at adalah hari dimana kiamat akan datang. Ada juga yang menyebut hari jum’at dengan hari yang paling utama didunia karena kejadian-kejadian yang terjadi didalamnya.

Hari jum’at adalah hari bagi kaum muslimin

Kenapa hari jum’at disebut hari bagi kaum muslimin? Karena pada hari jum’at kaum muslimin berkumpul dalam masjid-masjid mereka untuk melaksanakan kewajiban sholat jum’at.

Hari jum’at adalah hari yang paling mulia

Pada hari jum’at selain keutamaannya yang telah disebutkan sebelumnya, ternyata juga memiliki kemuliaan tersendiri yaitu dalam suatu waktu jika seorang muslim berdoa kepada Allah maka doa itu akan dikabulkan.

Bersedekah pada hari jum’at lebih baik dari hari yang lain

Perlu Bro & Sis ketahui kalo ternyata bersedekah di hari jum’at itu lebih baik dari pada bersedekah pada hari yang lain. Ga herankan kalo setiap jum’at nya jumlah sedekah yang diterima masjid-masjid lebih besar dari hari-hari yang lain.



Hari jum’at adalah hari dihapusnya dosa-dosa

Jika pada hari jum’at seorang hamba mandi dan bersuci dengan sebaik-baiknya bersuci lalu ia menggunakan parfum atau meminyaki rambutnya lalu ia pergi ke masjid dan memasuki masjid tanpa melangkahi dua orang untuk dilewati kemudian sholat sesuai tuntunan dan berdiam tatkala imam berkhutbah niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua jum’at (HR. Bukhari)

Wafat pada hari jum’at akan terbebas dari siksa kubur

Diriwayatkan oleh Ibnu Amru , bahwa Rasulullah bersabda: “Setiap muslim yang mati pada siang hari Jum'at atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur”. (HR. Ahmad dan Tirmizi, dinilai shahih oleh Al-Bani).

Itulah beberapa keutamaan hari jum’at yang membuat hari jum’at istimewa menurut islam. Informasi ini dirangkum dari berbagai semuber dan semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Bro & Sis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berkah hari jum’at menurut Islam"

Post a Comment