10 Manfaat Tomat untuk Kulit Wajah yang Belum Kamu Ketahui

Tahukah kamu manfaat tomat untuk kulit wajah kita? tomat sangat mudah dijumpai dan mudah didapatkan, biasa digunakan sebagai campuran dalam masakan dan lain sebagainya. Perlu anda ketahui, tomat dapat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kita. Ada banyak manfaat dan kegunaan tomat untuk kesehatan kulit dan kecantikan wajah kita, berikut beberapa manfaat tomat untuk wajah anda.

manfaat tomat untuk kulit wajah


1. Manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat


Untuk mengatasi jerawat pada wajah anda diperlukan bantuan vitamin A dan vitamin C, tomat banyak mengandung vitamin A dan C, selain itu kandungan senyawa lain dalam tomat mampu mengatasi kulit ruam kemerahan. Untuk mengobati jerawat dengan tomat, anda cukup menggosokan wajah anda secara merata dengan irisan tomat lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. (Baca: manfaat madu untuk kulit)

2. Manfaat tomat untuk mengecilkan dan mengencangkan pori-pori wajah


Kotoran akan lebih mudah masuk dan menyebabkan infeksi apabila pori-pori kulit besar. Tomat bermanfaat untuk mengecilkan dan mengencangkan pori-pori wajah. Buatlah masker tomat dengan cara memblender tomat segar dengan menambahkan sedikit air, bersihkan wajah terlebih dahulu lalu oleskan masker tomat secara merata sambil melakukan pijatan ringan. Lakukan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas wajah hingga bersih.

manfaat tomat untuk kulit wajah


3. Manfaat tomat untuk mencerahkan kulit


Bagi yang memiliki kulit wajah kusam anda bisa memanfaatkan tomat untuk mencerahkan kulit wajah anda. Kandungan vitamin C dalam tomat berkhasiat untuk mencerahkan kulit anda. Untuk mendapatkan wajah cerah alami anda cukup siapkan irisan tomat yang cukup tebal, gosok wajah secara merata dengan irisan tersebut, lakukan rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

4. Manfaat tomat untuk kulit berminyak


Memiliki wajah berminyak memang mengganggu sekali dan membuat anda kehilangan kepercayaan diri. Minyak berlebih pada wajah dapat mengundang masalah lain seperti jerawat, komedo dan flek hitam. Tomat dapat bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak, buatlah jus dari 2 tomat segar lalu campurkan dengan 4 sendok makan jus mentimun, oleskan secara merata pada wajah dengan menggunakan kapas, diamkan hingga kering lalu bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin setiap hari maka minyak pada wajah akan berkurang dan pori-pori wajah juga mengecil. (Baca: manfaat kopi untuk kulit)

manfaat tomat untuk kulit wajah


5. Manfaat tomat untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet


Kulit kusam, bersisik, busik dan kering adalah beberapa penyakit kulit yang terjadi akibat terpaan sinar matahari. Sinar matahari yang langsung mengenai permukaan kulit dapat merusak struktur kulit. Tomat bermanfaat sebagai tabir surya alami, kandungan antioksidan bernama likopen dalam tomat mampu melindungi kulit dari sinar UV. Konsumsi segelas jus tomat pada pagi hari untuk membantu perlindungan dari dalam.

6. Tomat dapat mencegah kulit terbakar


Menurut penelitian, orang yang setiap harinya mengkonsumsi tomat, kulitnya akan terlindungi dari masalah terbakar sinar matahari. Tomat juga bermanfaat untuk mengobati kulit yang terbakar. Campurkan 2 sendok teh tomat dan 1 sendok teh yogurt, oleskan pada wajah, leher, tangan dan kaki secara merata setelah beraktivitas. Kandungan senyawa dalam tomat akan membuat kulit menjadi segar dan yogurt akan membuat kulit menjadi elastis dan lembut.

7. Tomat membuat anda awet muda


Tomat bermanfaat untuk membuat anda tampak awet muda. Lakukan perawatan kulit menggunakan bahan dasar tomat pada waktu luang anda. Tomat memiliki kemapuan untuk menyerap oksigen secara maksimal sehingga dapat memperlambat penuaan. Lakukan perawatan kulit secara teratur dengan bahan dasar tomat pada pagi atau malam hari untuk mendapatkan hasil maksimal. (Baca: manfaat kulit manggis)

manfaat tomat untuk kulit wajah


8. Tomat mampu membuat wajah bercahaya


Campurkan madu dan jus tomat, oleskan secara merata pada wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Masker ini juga bisa digunakan pada bagian kulit yang lain. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan kulit yang segar dan bercahaya.

9. Manfaat tomat untuk menghilangkan komedo


Bagi anda yang bermasalah dengan komedo pasti anda akan merasa kurang percaya diri. Masker tomat dapat membantu anda menghilangkan komedo. Blender tomat bersama dengan alpukat, oleskan pada wajah secara merata, diamkan hingga kering selama 30 menit lalu bilas hingga bersih. Tomat mampu menghilangkan komedo sementara alpukat sebagai antiseptic dan pelembab alami. Masker ini cocok untuk kulit berminyak dan kering. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal. (Baca: manfaat kunyit untuk kulit)

manfaat tomat untuk kulit wajah


10. Tomat dapat mencegah kerusakan sel


Sel kulit yang rusak dapat menyebabkan beberapa masalah kulit seperti kemerahan dan kerutan yang membuat anda tampak jauh lebih tua dari usia anda. Konsumsi tomat setiap hari dapat mencegah kerusakan sel kulit. Kandungan likopen yang terdapat dalam tomat berkhasiat untuk mencegah kerusakan sel kulit anda. Ganti minuman bersoda dengan jus tomat untuk mencegah kerutan pada kulit.

Demikianlah beberapa manfaat tomat untuk kulit wajah kita, semoga bermanfaat untuk anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Manfaat Tomat untuk Kulit Wajah yang Belum Kamu Ketahui"

Post a Comment