LUAR BIASA! Ternyata ini Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah yang Belum Anda Ketahui

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah


Ternyata ada manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah Anda. Jeruk nipis biasanya hanya digunakan untuk bumbu dapur, menyegarkan masakan atau menghilangkan rasa amis pada daging. Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengobati anda saat batuk. Selain kegunaan itu, buah yang kecil ukurannya ini juga bermanfaat untuk kecantikan. Jeruk nipis ini ternyata baik sekali untuk kesehatan wajah anda. Apa sajakah kegunaan jeruk nipis? Berikut infonya untuk anda:

1. Membantu Mengurangi Jerawat

Jerawat sering kali muncul pada wajah anda. Jerawat timbul karena kotoran yang menyumbat pada pori-pori wajah. Dengan jeruk nipis, anda bisa menghilangkan jerawat di wajah dengan cepat. Zat yang terkandung pada jeruk nipis ternyata ampuh untuk mengobati jerawat. Caranya, iris jeruk nipis lalu peras hingga air jeruknya keluar. Setelah itu oleskan pada wajah anda yang memiliki jerawat. Lalu diamkan beberapa saat. Setelah kering anda bisa membilasnya menggunakan air dingin. Memang akan terasa sedikit perih saat mengoleskan jeruk nipis pada wajah anda. Tapi setelah itu akan mempercepat jerawat anda untuk menghilang.

2. Mencerahkan Wajah

Tidak hanya untuk mengurangi jerawat, ternyata jeruk nipis juga bisa untuk mencerahkan wajah. Untuk anda yang tidak suka menggunakan kosmetik, anda bisa menggunakan cara ini. Penggunaan jeruk nipis untuk mencerahkan wajah juga tidak mengandung efek samping. Cara membuatnya, iris jeruk nipis menjadi dua bagian lalu peras hingga keluar airnya. Setelah itu campurkan madu hingga tercampur rata. Lalu oleskan pada wajah anda. Biarkan selama beberapa saat sehingga khasiat madu dan jeruk nipis bisa diserap maksimal oleh pori-pori wajah. Sebelum mengoleskan, bersihkan wajah anda terlebih dahulu agar hasilnya maksimal.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah


3. Mengusir Kulit Kusam

Wajah yang kusam pasti akan mengganggu penampilan anda. Buah berasa asam ini ternyata juga bisa untuk mengusir kulit kusam. Jeruk nipis sangat berguna untuk menghilangkan kotoran pada wajah dan mengurangi produksi minyak pada wajah yang membuat wajah terlihat kusam. Selain mengusir kulit kusam, jeruk nipis juga bisa menghilangkan noda bekas jerawat pada wajah anda. Untuk mengusir kulit yang kusam dan noda bekas jerawat, anda bisa menggunakan jeruk nipis ini setiap hari. Caranya pun juga mudah, anda hanya perlu memeras jeruk nipis dan mengoleskan airnya ke seluruh wajah anda. Setelah mengoleskannya, anda bisa mengusapnya dengan kapas. (baca juga: Manfaat jeruk nipis untuk kulit)

4. Manfaat jeruk nipis tidak hanya bisa digunakan untuk wanita

Lelaki pun bisa menggunakan jeruk nipis untuk merawat wajah mereka. Jika anda seorang pria, pasti kurang percaya diri bukan bila memiliki wajah kusam dan berminyak. Anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk mengatasinya. Untuk pria, jeruk nipis ini sangat bermanfaat untuk mengurangi minyak pada wajah dan bisa juga digunakan untuk mengecilkan serta mencegah jerawat. Selain itu jeruk nipis juga bisa memberikan rasa segar pada kulit wajah pria. Jadi jika anda seorang pria, anda bisa mencoba tips ini. Lakukan perawatan wajah ini minimal tiga kali seminggu. Setelah itu rasakan perubahan yang terjadi pada wajah anda.

5. Menghilangkan Noda Hitam

Air jeruk nipis dianggap sebagai agen pemutih alami karena sifatnya yang ringan pada kulit. Jeruk nipis dapat digunakan untuk meringankan bintik-bintik gelap. Berikut ini beberapa cara menerapkan manfaat jeruk nipis :

Terapkan air jeruk nipis pada kapas dan oleskan ke bagian gelap pada kulit dan biarkan selama 30 menit.
Pastikan untuk tetap tinggal di dalam rumah dan hindari kontak langsung dengan sinar matahari, karena air jeruk nipis dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari.

Disarankan untuk menerapkan tabir surya sebelum keluar rumah

6. Jerawat dan Bekas Noda

Jerawat dan noda yang disebabkan oleh kotoran, minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Jerawat adalah masalah yang sering terjadi pada orang dengan kulit yang cenderung berminyak. Selain itu, bakteri yang hadir pada pori-pori wajah akan memperburuk peradangan, meningkatkan kemerahan dan nyeri.

Sifat antibiotik jeruk nipis menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk menjaga jerawat, dapat dikombinasikan dengan madu. Sementara manfaat madu memiliki sifat anti bakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri, sifat asam dari jeruk nipis akan mengontrol kelebihan minyak.

Lakukan perawatan wajah ini setiap minggu untuk menghilangkan jerawat Bekas luka jerawat, dapat diringankan dengan memijat bagian kulit wajah dengan air jeruk nipis segar. (Baca juga: Manfaat madu untuk kulit wajah)

7. Anti Penuaan

Perkembangan usia dan juga paparan sinar UV matahari, membentuk melanin yang berpengaruh terhadap warna pada kulit. Kemudian akumulasi melanin pada kulit ini, menimbulkan bintik-bintik gelap dan menimbilkan tanda-tanda penuaan. Untuk mendapatkan menfaat jeruk nipis untuk menghambat produksi melanin, dapat dilakukan seperti berikut :

Kupas jeruk nipis dan gosok pada kulit atau terapkan masker alami dengan kulit jeruk nipis, yang secara signifikan mengurangi pigmentasi berlebihan

8. Mengecangkan Pori-pori

Astringent efektif dalam mengecangkan otot-otot sementara. Itulah alasan mengapa mereka sering digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit untuk meningkatkan penampilan kulit wajah. Minyak jeruk nipis memiliki sifat astringent dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori, sehingga mengurangi produksi minyak untuk memberikan kulit yang lebih cerah dan sempurna.

9. Menghapus Kulit Mati

Asam sitrat hadir dalam kulit jeruk nipis, yang sangat berguna untuk mengelupaskan sel kulit mati. Jeruk nipis sering digunakan dalam perawatan kecantikan di spa serta pengobatan rumah untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah.

10. Kulit Bersinar

Untuk kulit bercahaya, semua yang perlu dilakukan adalah mengoleskan kulit, dengan segelas air hangat yang dicampur madu dan perasan jeruk nipis setiap pagi secara teratur. Hal ini akan memberikan cahaya alami kulit.

11. Mengatasi Flek Hitam

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan flek hitam kulit. Jeruk nipis dapat digunakan untuk menghapus flek ini secara efektif. Yang perlu dilakukan adalah mencampur tepung dengan menambahkan beberapa air jeruk nipis ke dalam campurannya. Oleskan pasta ini secara merata pada kulit dan biarkan hingga kering. Cuci muka dengan air dan keringkan. Perawatan wajah ini harus dilakukan setiap minggu untuk hasil yang lebih baik.

12. Mengatasi Pori-pori Membesar

Astringent sering digunakan dalam kecantikan dan perawatan kulit produk untuk meningkatkan penampilan kulit wajah. Jeruk nipis memiliki sifat astringent dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori. Hal ini untuk sementara mengurangi produksi minyak berlebih untuk membuat kulit lebih cerah.

13. Menjaga Kelembaban Alami Kulit

Perasaan jeruk nipis ditambah dengan manfaat putih telur dapat dijadikan masker jeruk nipis, untuk mempertahankan kelembapan kulit.

Selain untuk penyegar dan obat, ternyata buah kecil berkulit hijau ini memiliki banyak manfaat untuk kulit bukan? Mulai dari mencerahkan wajah hingga menghilangkan jerawat. Lelaki dan wanita pun bisa mencobanya. Anda disarankan untuk melakukan perawatan wajah dengan jeruk nipis ini secara teratur agar hasilnya lebih cepat dan maksimal. Demikianlah tips dan manfaat dari jeruk nipis. Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LUAR BIASA! Ternyata ini Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah yang Belum Anda Ketahui"

Post a Comment